Cara Mengobati Penyakit Kelenjar Getah Bening

Terima kasih anda suadah mengunjungi situs kami ini, disini kami akan menjelaskan penyakit kelenjar getah bening, penyebabnya, gejalanya, dan cara mengobatinya. Simak penjelasan dibawah ini.


Apa sih penyakit Kelenjar Getah Bening itu ?

Pembengkakan kelenjar getah bening adalah kondisi yang terjadi apabila ada pembengkakan pada gumpalan jaringan kecil berbentuk bulat yang tersebar di seluruh tubuh Anda, yang disebut kelenjar getah bening.

Kelenjar yang juga dikenal dengan istilah kelenjar limfa ini bertugas untuk menyaring cairan limfa (getah bening) yang beredar di seluruh tubuh melalui pembuluh limfa. Karena itu, cara kerja kelenjar getah bening mirip seperti darah yang mengalir di dalam tubuh kita melalui pembuluh darah.

Ada sekitar 600 kelenjar getah bening yang tersebar di dalam tubuh Anda. Akan tetapi, jumlah kelenjar yang bisa dirasakan atau diraba di bawah kulit dengan tangan telanjang hanya beberapa saja. Di antaranya terletak di area-area berikut ini.


  • Di bagian bawah rahang.
  • Di belakang daun telinga.
  • Di ketiak (di bawah lengan atas).
  • Salah satu sisi leher.
  • Salah satu pangkal paha.
  • Di atas tulang selangka.
  • Ukuran kelenjar getah bening  berbeda-beda. Mulai dari sekecil ujung jarum hingga sebesar satu butir kacang merah yang sudah matang.


Kelenjar ini merupakan bagian dari sistem imun (daya tahan tubuh), khususnya sistem limfatik. Pasalnya, kelenjar ini mengandung sel-sel darah putih serta antibodi. Ini berarti kelenjar getah bening sangat berperan dalam melawan infeksi dan penyakit.

Ketika tubuh Anda kena infeksi atau penyakit, tubuh akan memproduksi lebih banyak sel imun. Meningkatnya jumlah sel imun dalam kelenjar limfa inilah yang menyebabkan pembesaran atau pembengkakan. Maka dari itu, kelenjar limfa atau getah bening yang membengkak pasti menandakan adanya infeksi atau penyakit.

Penyebab Kelenjar Getah Bening

Pembengkakan kelenjar getah bening bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Mulai dari infeksi ringan sampai penyakit kronis seperti kanker getah bening. Berikut ini hal-hal yang dapat memicu atau memperparah kondisi Anda.

1. Infeksi telinga

Perhatikan kelenjar bagian mana yang mengalami pembengkakan. Biasanya, pembengkakan kelenjar getah bening di area kepala dan leher menandakan infeksi telinga.
Infeksi telinga sendiri bisa disebabkan oleh alergi atau infeksi pada saluran pernapasan bagian atas. Anak-anak lebih sering kena infeksi telinga daripada orang dewasa. Namun, jenis infeksi ini memang bisa menyerang siapa saja.

2. Infeksi virus

Ada banyak jenis virus yang bisa menyerang tubuh dan menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening. Biasanya lokasi pembengkakan kelenjar getah bening akan menentukan di mana lokasi infeksi virus terjadi.

Berikut adalah jenis-jenis virus yang bisa menyebabkan pembengkakan kelenjar limfa.

Varicella-zoster, yaitu virus penyebab cacar air dan herpes zoster.
Rubeola, yaitu virus yang mengakibatkan penyakit campak.
HIV, yaitu virus menular yang jadi penyebab penyakit AIDS.
Herpes simplex, yaitu virus penyebab herpes oral, herpes genital, dan herpes encephalitis.
Flu, yaitu virus yang menyebabkan penyakit influenza.

3. Infeksi bakteri

Beberapa jenis bakteri yang masuk dalam tubuh Anda bisa menyebabkan infeksi. Infeksi bakteri tertentu dapat menimbulkan gejala yaitu pembengkakan kelenjar getah bening. Ini dia daftar jenis bakterinya.

Streptococcus atau strep, yaitu bakteri penyebab penyakit radang tenggorokan atau pembengkakan amandel.
Staphylococcus atau staph, yaitu bakteri penyebab keracunan makanan, toxic shock syndrome (TSS), atau mastitis.
Mycobacterium tuberculosis, yaitu bakteri yang mengakibatkan penyakit tuberkulosis (TB atau TBC).

4. Infeksi HIV/AIDS

Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah virus yang mengakibatkan penyakit AIDS. Virus ini kadang tidak menunjukkan gejala apa pun pada penderitanya, sehingga Anda bisa saja terlambat didiagnosis. Padahal, terlambat mendeteksi penyakit ini bisa berakibat fatal.

Karena itu, bila Anda mengalami pembengkakan kelenjar getah bening di leher, ketiak, atau pangkal paha yang disertai dengan gejala lain seperti lemas, nyeri otot, dan sakit kepala, segera periksa ke dokter.

5. Infeksi gigi

Infeksi pada area gusi dan gigi bisa menunjukkan gejala seperti pembengkakan kelenjar getah bening. Infeksi gigi biasanya disebabkan oleh abses gigi, yaitu penumpukan nanah karena bakteri.

6. Mononukleosis

Kelenjar limfa yang membengkak di leher dan ketiak bisa menandakan mononukleosis, yaitu penyakit yang disebabkan oleh virus. Virus yang ditularkan melalui air liur ini membuat penderitanya sakit tenggorokan, demam, lemas, gatal-gatal, sakit kuning, mimisan, hingga sesak napas.

7. Infeksi kulit

Berbagai jenis penyakit kulit juga bisa membuat kelenjar limfa Anda membengkak. Apalagi kalau Anda mengalami gejala-gejala lain seperti muncul ruam, kulit jadi kemerahan, terasa perih atau panas, dan gatal-gatal. Berikut adalah beberapa jenis penyakit kulit yang mungkin ditandai dengan bengkaknya kelenjar limfa.

Eksim, terutama pada bayi dan anak-anak.
Dermatitis kontak.
Abses kulit (kulit bernanah) akibat infeksi bakteri.
Kutu rambut yang bersarang di kulit kepala.

8. Radang tenggorokan

Radang tenggorokan adalah jenis penyakit yang cukup umum. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Misalnya dari infeksi virus, infeksi bakteri, alergi, iritasi pada tenggorokan, pembengkakan amandel, atau cedera (trauma) tertentu pada bagian leher dan tenggorokan.

Kondisi-kondisi tersebut menyebabkan peradangan. Hal ini bisa dilihat dari pembengkakan kelenjar limfa di area leher atau rahang.

9. Gangguan sistem imun

Gangguan pada sistem kekebalan tubuh Anda bisa membuat Anda lebih lemah dan rentan diserang penyakit. Pasalnya, sistem yang bertugas untuk mempertahakan diri dari ancaman penyakit sudah melemah atau terganggu.

Nah, biasanya gangguan sistem imun sering menyerang orang yang punya penyakit autoimun. Misalnya penyakit rematik (rheumatoid arthritis) dan lupus. Gejalanya antara lain adalah pembengakakan kelenjar limfa dan badan lemas.

10. Kanker

Hati-hati, jangan remehkan gangguan seperti pembengkakan pada kelenjar getah bening Anda. Kondisi ini bisa jadi awal mula dari penyakit kanker.

Misalnya di dalam tubuh Anda sudah ada sel kanker yang bersarang. Kemudian sel kanker ini berpindah tempat tinggal melalui pembuluh limfa. Perpindahan inilah yang lantas membuat kelenjar getah bening Anda membesar.

Setelah pindah dan menyebar ke bagian tubuh lain, sel kanker bisa menetap dan tumbuh menyerang sel-sel di bagian tubuh tersebut.

Beberapa jenis kanker yang menunjukkan gejala pembengkakan kelenjar limfa antara lain kanker kulit, kanker payudara, leukimia, kanker paru, kanker perut, kanker getah bening limfoma Hodgkin, serta kanker getah bening limfoma non-Hodgkin.

Kanker getah bening dan jenis kanker lainnya masih bisa dikendalikan pada tahap stadium awal. Karena itu, penting bagi Anda untuk mendeteksi kanker getah bening atau kanker lain sedini mungkin.

11. Penyakit menular seksual

Beberapa jenis penyakit menular seksual bisa menimbulkan gejala pembengkakan kelenjar getah bening. Di antaranya yaitu sipilis (raja singa), gonore, dan klamidia. Apalagi kalau kelenjar yang membengkak ada di area pangkal paha.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja ciri-ciri dan gejala pembengkakan kelenjar getah bening?
Ketika kelenjar getah bening mulai membengkak, biasanya gejala awal yang dapat Anda rasakan yaitu:

  • Nyeri saat menekan kelenjar yang membengkak.
  • Area kelenjar yang membengkak jadi lebih peka, misalnya di area leher Anda jadi terasa tidak nyaman saat digerakkan.
  • Kelenjar yang membengkak sangat besar, biasanya tampak menonjol sebesar kacang polong atau lebih dari itu.

Setelah Anda merasakan gejala-gejala awal pembengkakan kelenjar getah bening, Anda mungkin merasakan serangkaian gejala lain. Gejala selanjutnya biasanya tergantung pada penyakit atau infeksi yang menyebabkan pembengkakan itu sendiri.

Akan tetapi, gejala-gejala umum dari pembengkakan kelenjar getah bening adalah:

  • Batuk
  • Badan lemas
  • Pilek
  • Menggigil dan berkeringat, terutama di malam hari
  • Radang tenggorokan
  • Demam
  • Kulit yang memerah, hangat dan bengkak

Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Pasalnya, tubuh masing-masing orang berbeda.
Selain itu, bagian kelenjar yang membengkak mungkin letaknya jauh di dalam tubuh Anda sehingga tidak tampak dan tidak bisa diraba di bawah kulit.

Karena itu, selalu diskusikan dengan dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Bagaimana cara mengobati pembengkakan kelenjar getah bening?

Dalam beberapa kasus, pembengkakan kelenjar getah bening bisa sembuh dengan sendirinya, tanpa obat-obatan dari dokter. Ini kalau penyebab penyakitnya cukup ringan seperti influenza atau keracunan makanan.

Akan tetapi, bila kondisi Anda cukup serius dan disebabkan oleh penyakit yang parah, Anda akan membutuhkan pertolongan medis. Namun, beberapa penyebab belum ditemukan obatnya sehingga Anda hanya bisa mengendalikan supaya gejalanya tidak tambah parah. Misalnya pada kasus kanker getah bening limfoma Hodgkin dan kanker getah bening limfoma non-Hodgkin.
Baca juga https://jualqncjakarta.blogspot.com/2018/11/cara-mengobati-penyakit-tipes-dengan.html

Ada sebagian orang yang merasakan keluhan dengan obat dokter karena ada efek pada lambung, ada juga yang harus melalui operasi dengan biaya mahal, menjalani berbobat jalan dan yang lainnya

Tapi anda tidak usah bingung, karena disini kami menyediakan atau mempermudah pengobatan dengan menggunakan obat herbal asli, harganya sangat terjangkau, cara pemesanan mudah sekali untuk ke seluruh wilayah Indonesia. QNC JELLY GAMAT lah obatnya, obat herbal terbaik, terpercaya, banyak khasiatnya, tidak menimbulkan efek samping, baik juga untuk di komsumsi anak-anak.

QNC JELLY GAMAT



QNC JELLY  ini obat herbal yang mampu mengatasi berbagi jenis penyakit. dibandingkan produk lainnya. QnC Jelly Gamat adalah produk yang di produksi oleh PT. Bijaksana Maju Utama dengan teknologi berbasis Internasional menggunakan Bahan utama teripang emas dan beberapa pilihan alami lainnya seperti Sweetener stevia, Air RO, Pengemulasi nabati, Essen natural, serta ekstrak buah dan sayur. Kandungan QnC Jelly Gamat tidak jauh berbdeda dengan jelly gamat Gold G, yang membedakannya adalah kualitas QnC Jelly Gamat lebih baik dari Jelly gamat gold G. Mengapa? karena Teripang emas QnC Jelly Gamat lebih memiliki khasiat dan keunggulan sampai 2 x lipat.

Inilah beberapa testimoni dari khasiat obat ini untuk penyakit kelenjar getah bening.




Itulah beberapa testimoni dan masih banyak lagi yang sudah merasakan khasiatnya QnC Jelly Gamat, Untuk lebih jelasnya lagi tentang produk ini, dan juga cara pemesanan. Klik Link di bawah ini !!



















0 Response to "Cara Mengobati Penyakit Kelenjar Getah Bening"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel